Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Berikut ini adalah
Kisi-Kisi Penilaian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif
Semoga Bermanfaat.
KISI-KISI
DAN SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
Satuan
Pendidikan : SMK Muhammadiyah Gamping
Bidang
Keahlian : Teknologi
dan Rekayasa
Program
Keahlian : Teknik
Otomotif
Kompetensi
Keahlian : TKRO
Kelas/Semester : X / 1
Mata Pelajaran :
Teknologi Dasar Otomotif (TDO)
Kompetensi Dasar
|
IPK
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
No Soal
|
3.1 Mengidentifikasi potensi dan resiko
kecelakaan kerja (K3)
|
3.1.1 Mendeskripsikan pengertian dan simbol-simbol
Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
|
·
Pengertian
K3
·
Simbol-simbol
K3
·
Potensi
bahaya
·
Macam
Alat Pelindung Diri (APD)
·
SNI
·
Evakuasi
|
Peserta
didik dapat mendeskripsikan pengertian dan simbol-simbol Keselamatan dan
Kesehatan Kerja (K3) dengan
tepat.
|
PG
|
1
|
3.1.2 Menjelaskan potensi bahaya dan resiko
kecelakaan yang ada di bengkel otomotif
|
Peserta
didik dapat menjelaskan potensi bahaya dan resiko kecelakaan
yang ada di bengkel otomotif.dengan tepat.
|
PG
|
2
|
||
3.1.3 Menjelaskan macam-macam dan fungsi alat pelindung
diri (APD)
|
Peserta
didik dapat menjelaskan macam-macam dan fungsi alat pelindung
diri (APD) dengan
tepat.
|
Uraian
|
1
|
||
4.1 Mengidentifikasi potensi dan resiko
kecelakaan kerja
|
4.1.1 Melaksanakan prinsip-prinsip K3 di lingkungan
bengkel
|
Peserta didik dapat melaksanakan prinsip-prinsip K3 di lingkungan
bengkel dengan
bertanggungjawab.
|
PG
|
3
|
|
4.1.2 Melaksanakan pencegahan resiko kecelakaan di
bengkel otomotif
|
Peserta didik dapat melaksanakan pencegahan resiko kecelakaan di
bengkel otomotif dengan bertanggungjawab.
|
PG
|
4
|
||
4.1.3 Menggunakan alat pelindung diri (APD) di
bengkel otomotif
|
Peserta didik dapat menggunakan alat pelindung diri (APD) di
bengkel otomotif dengan bertanggungjawab.
|
PG
|
5
|
||
3.2. Mengklasifikasi Alat Pemadam Api Ringan
(APAR)
|
3.2.1 Mengidentifikasi jenis-jenis kebakaran
|
·
Pengertian
kebakaran
·
Jenis
kebakaran
·
Pengertian
APAR
·
Jenis
APAR
·
Bagian-bagian
APAR
·
Cara
penggunaan APAR
·
Cara
penyimpanan APAR
·
Cara
perawatan APAR
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-jenis kebakaran dengan tepat.
|
PG
|
6
|
3.2.2 Mendeskripsikan pengertian dan fungsi APAR
|
Peserta didik dapat mendeskripsikan pengertian dan fungsi APAR dengan tepat.
|
PG
|
7
|
||
3.2.3 Mengidentifikasi jenis-jenis APAR
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-jenis APAR dengan bertanggungjawab.
|
Uraian
|
2
|
||
3.2.4 Mengidentifikasi bagian-bagian APAR
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi bagian-bagian APAR dengan bertanggungjawab.
|
Uraian
|
2
|
||
3.2.5 Menjelaskan cara menggunakan APAR
|
Peserta didik dapat menjelaskan cara menggunakan APAR dengan bertanggungjawab.
|
PG
|
8
|
||
4.2 Menerapkan penggunaan Alat Pemadam Api
Ringan (APAR)
|
4.2.1 Menyimpan APAR sesuai standar
|
Peserta didik dapat menyimpan APAR sesuai standar dengan bertanggungjawab
|
PG
|
9
|
|
4.2.2 Menggunakan APAR sesuai standar
|
Peserta didik dapat Menggunakan APAR sesuai standar dengan bertanggungjawab.
|
PG
|
10
|
||
4.2.3 Merawat APAR
|
Peserta didik dapat merawat APAR dengan
bertanggungjawab.
|
PG
|
11
|
||
3.3 Memahami prinsip-prinsip pengendalian
kontaminasi
|
3.3.1 Mendeskripsikan pengertian polusi dan
kontaminasi
|
·
Pengertian
polusi dan kontaminasi
·
Jenis
polusi dan kontaminasi
·
Langkah
pengendalian polusi dan kontaminasi
·
Limbah
·
Pengelolaan
limbah
·
Reduce,
Reuse, Recycle (3R)
·
Lingkungan
kerja
|
Peserta didik dapat mendeskripsikan pengertian polusi dan
kontaminasi dengan tepat.
|
PG
|
12
|
3.3.2 Menjelaskan jenis-jenis polusi dan kontaminasi
|
Peserta didik dapat menjelaskan jenis-jenis polusi dan
kontaminasi dengan tepat.
|
Uraian
|
3
|
||
3.3.3 Menjelaskan langkah pengendalian polusi dan
kontaminasi di tempat kerja
|
Peserta didik dapat menjelaskan langkah pengendalian polusi dan
kontaminasi di tempat kerja dengan tepat.
|
Uraian
|
3
|
||
4.3 Menerapkan prinsip-prinsip pengendalian
kontaminasi
|
4.3.1 Melaksanakan pengendalian polusi dan
kontaminasi di tempat kerja
|
Peserta didik dapat melaksanakan pengendalian polusi dan
kontaminasi di tempat kerja dengan bertanggungjawab.
|
Uraian
|
3
|
|
4.3.2 Melaksanakan pengelolaan limbah tanah, cair,
dan gas di tempat kerja
|
Peserta didik dapat melaksanakan pengelolaan limbah tanah, cair,
dan gas di tempat kerja
dengan bertanggungjawab.
|
Uraian
|
3
|
||
3.4 Memahami proses mesin konversi energi
|
3.4.1 Mendeskripsikan pengertian mesin konversi
energi
|
·
Pengertian
mesin konversi energi
·
Macam
mesin konversi energi
·
Mesin bensin
·
Mesin diesel
·
Motor listrik
·
Pompa
hidrolik
·
Pompa
Vakum
·
Kompresor
udara
|
Peserta didik dapat mendeskripsikan pengertian mesin konversi
energi dengan tepat.
|
PG
|
13
|
3.4.2 Mendeskripsikan macam-macam mesin konversi
energi
|
Peserta didik dapat mendeskripsikan macam-macam mesin konversi
energi dengan tepat.
|
PG
|
14
|
||
3.4.3 Mendeskripsikan cara kerja mesin konversi
energi
|
Peserta didik dapat mendeskripsikan cara kerja mesin konversi
energi dengan tepat.
|
PG
|
15
|
||
4.4 Mendemontrasikan mesin konversi energi
|
4..4.1 Menghidupkan mesin bensin
|
Peserta didik dapat menghidupkan mesin bensin dengan bertanggungjawab.
|
Uraian
|
4
|
|
4.4.2 Menghidupkan mesin diesel
|
Peserta didik dapat menghidupkan mesin diesel dengan bertanggungjawab.
|
Uraian
|
4
|
||
4.4.3 Menghidupkan mesin kompresor udara
|
Peserta didik dapat menghidupkan mesin kompresor udara dengan bertanggungjawab.
|
PG
|
16
|
||
3.5 Memahami klasifikasi engine
|
3.5.1 Mendeskripsikan klasifikasi engine
|
·
Klasifikasi
engine
·
Komponen
gasoline engine
·
Komponen diesel engine
·
Keunggulan gasoline engine
·
Keunggulan diesel engine
·
Tipe
engine
|
Peserta didik dapat mendeskripsikan cara kerja mesin konversi
energi dengan tepat.
|
PG
|
17
|
3.5.2 Menyebutkan karakteristik gasoline engine dan
diesel engine
|
Peserta didik dapat menyebutkan karakteristik gasoline engine
dan diesel engine
dengan tepat.
|
Uraian
|
4
|
||
3.5.3 Menjelaskan keunggulan dan kelemahan gasoline
engine dan diesel engine
|
Peserta didik dapat menjelaskan keunggulan dan kelemahan
gasoline engine dan diesel engine dengan tepat.
|
Uraian
|
4
|
||
4.5 Mengidentifikasi model-model engine
|
4.5.1 Menerapkan penggunaan gasoline engine dalam
kehidupan sehari-hari
|
Peserta didik dapat menghidupkan mesin kompresor udara dengan bertanggungjawab.
|
PG
|
19
|
|
4.5.2 Menerapkan penggunaan diesel engine dalam
kehidupan sehari-hari
|
Peserta didik dapat menerapkan penggunaan diesel engine dalam
kehidupan sehari-hari dengan
bertanggungjawab.
|
PG
|
20
|
||
3.6 Memahami cara kerja engine 2 dan 4
langkah
|
3.6.1 Mendeskripsikan pengertian engine 2 dan 4
langkah
|
·
Siklus
kerja otto
·
Siklus
kerja diesel
·
Langkah
hisap
·
Langkah kompresi
·
Langkah
usaha
·
Langkah
buang
·
Karakteristik
engine
|
Peserta didik dapat mendeskripsikan cara kerja mesin konversi
energi dengan tepat.
|
PG
|
21
|
3.6.2 Mendeskripsikan cara kerja engine 2 dan 4
langkah
|
Peserta didik dapat mendeskripsikan cara kerja engine 2 dan 4
langkah dengan tepat.
|
PG
|
22
|
||
3.6.3 Mendeskripsikan keunggulan dan kelemahan
engine 2 langkah dan 4 langkah
|
Peserta didik dapat Mendeskripsikan keunggulan dan kelemahan
engine 2 langkah dan 4 langkah dengan tepat.
|
PG
|
23
|
||
4.6 Menjelaskan cara kerja engine 2 dan 4
langkah
|
4.6.1 Mengidentifikasi cara kerja engine 2 dan 4
langkah
|
Peserta didik dapat Mengidentifikasi cara kerja engine 2 dan 4
langkah
dengan
bertanggungjawab.
|
PG
|
24
|
|
4.6.2 Mengidentifikasi komponen engine 2 dan 4
langkah
|
Peserta didik dapat Mengidentifikasi komponen engine 2 dan 4
langkah dengan
bertanggungjawab.
|
PG
|
25
|
||
3.7 Memahami proses dasar pembentukan logam
|
3.7.1 Mendeskripsikan pembentukan logam
|
·
Pengertian
pembentukan logam
·
Pengecoran
·
Pembentukan
·
Permesinan
·
Pengelasan
·
Perlakuan
panas
·
Perlakuan
permukaan
|
Peserta didik dapat mendeskripsikan pembentukan logam dengan tepat.
|
Uraian
|
5
|
3.7.2 Mendeskripsikan tujuan pembentukan logam
|
Peserta didik dapat mendeskripsikan tujuan pembentukan logam dengan tepat.
|
Uraian
|
5
|
||
3.7.3 Mendeskripsikan klasifikasi pembentukan logam
|
Peserta didik dapat mendeskripsikan klasifikasi pembentukan
logam dengan tepat.
|
Uraian
|
5
|
||
4.7 Melaksanakan proses dasar pembentukan
logam
|
4.7.1 Melaksanakan proses dasar pembentukan logam
|
Peserta didik dapat melaksanakan proses dasar pembentukan logam dengan bertanggungjawab.
|
Uraian
|
5
|
|
4.7.2 Melaksanakan pengelasan
|
Peserta didik dapat melaksanakan pengelasan dengan bertanggungjawab.
|
PG
|
26
|
||
4.7.3 Melaksanakan pembentukan permukaan logam
|
Peserta didik dapat melaksanakan pembentukan permukaan logam dengan bertanggungjawab.
|
PG
|
27
|
||
3.8
Menerapkan cara penggunaan OMM (Operation Maintenance Manual), service manual
dan part book sesuai peruntukannya
|
3.8.1 Mendeskripsikan pengertian OMM
|
·
Pengertian
OMM
·
Macam OMM
·
Cara
penggunaan OMM
·
Pedoman
Reparasi APV
·
Pedoman Reparasi Kijang Seri K
·
Pedoman
Reparasi Toyota Avanza
·
Part
Katalog
·
Indeks
|
Peserta didik dapat mendeskripsikan pengertian OMM dengan tepat.
|
PG
|
28
|
3.8.2 Mendeskripsikan jenis-jenis-OMM
|
Peserta didik dapat mendeskripsikan jenis-jenis-OMM dengan tepat.
|
PG
|
29
|
||
3.8.3 Menjelaskan cara menggunakan OMM di tempat
kerja
|
Peserta didik dapat menjelaskan cara menggunakan OMM di tempat
kerja dengan tepat.
|
PG
|
30,35,36,37,38,39,40
|
||
4.8 Menggunakan OMM (Operation Maintenance
Manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya
|
4.8.1 Memilih OMM yang tepat
|
Peserta didik dapat Memilih OMM yang tepat dengan bertanggungjawab.
|
PG
|
31
|
|
4.8.2 Menggunakan OMM di tempat kerja
|
Peserta didik dapat menggunakan OMM di tempat kerja dengan bertanggungjawab.
|
PG
|
32
|
||
4.8.3 Merawat OMM di tempat kerja
|
Peserta didik dapat merawat OMM di tempat kerja dengan bertanggungjawab.
|
PG
|
33
|
Kepala SMK Muh. Gamping
|
Guru Mata Pelajaran
|
|
Sardi, S.Pd., M.M.
NIP. 19670731 199003 1 006
|
Rendra Ananta P.H., S.Pd.
NBM. 1334380
|
Demikian semoga bermanfaat,
Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar