Sabtu, 16 November 2019

KISI-KISI DAN SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF TDO)


Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Berikut ini adalah
Kisi-Kisi Penilaian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif
Semoga Bermanfaat.

KISI-KISI DAN SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
Satuan Pendidikan                    : SMK Muhammadiyah Gamping
Bidang Keahlian                       : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian                     : Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian               : TKRO
Kelas/Semester                         : X / 1
Mata Pelajaran                         : Teknologi Dasar Otomotif (TDO)

Kompetensi Dasar
IPK
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
No Soal
3.1 Mengidentifikasi potensi dan resiko kecelakaan kerja (K3)
3.1.1 Mendeskripsikan pengertian dan simbol-simbol Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
·          Pengertian K3
·          Simbol-simbol K3
·          Potensi bahaya
·          Macam Alat Pelindung Diri (APD)
·          SNI
·          Evakuasi
Peserta didik dapat mendeskripsikan pengertian dan simbol-simbol Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan tepat.
PG

1
3.1.2 Menjelaskan potensi bahaya dan resiko kecelakaan yang ada di bengkel otomotif
Peserta didik dapat menjelaskan potensi bahaya dan resiko kecelakaan yang ada di bengkel otomotif.dengan tepat.
PG
2
3.1.3 Menjelaskan macam-macam dan fungsi alat pelindung diri (APD)
Peserta didik dapat menjelaskan macam-macam dan fungsi alat pelindung diri (APD) dengan tepat.
Uraian
1
4.1 Mengidentifikasi potensi dan resiko kecelakaan kerja

4.1.1 Melaksanakan prinsip-prinsip K3 di lingkungan bengkel
Peserta didik dapat melaksanakan prinsip-prinsip K3 di lingkungan bengkel dengan bertanggungjawab.
PG
3
4.1.2 Melaksanakan pencegahan resiko kecelakaan di bengkel otomotif
Peserta didik dapat melaksanakan pencegahan resiko kecelakaan di bengkel otomotif dengan bertanggungjawab.
PG
4
4.1.3 Menggunakan alat pelindung diri (APD) di bengkel otomotif
Peserta didik dapat menggunakan alat pelindung diri (APD) di bengkel otomotif dengan bertanggungjawab.
PG
5
3.2. Mengklasifikasi Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
3.2.1 Mengidentifikasi jenis-jenis kebakaran
·          Pengertian kebakaran
·          Jenis kebakaran
·          Pengertian APAR
·          Jenis APAR
·          Bagian-bagian APAR
·          Cara penggunaan APAR
·          Cara penyimpanan APAR
·          Cara perawatan APAR

Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-jenis kebakaran dengan tepat.
PG

6
3.2.2 Mendeskripsikan pengertian dan fungsi APAR
Peserta didik dapat mendeskripsikan pengertian dan fungsi APAR dengan tepat.
PG
7
3.2.3 Mengidentifikasi jenis-jenis APAR
Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-jenis APAR dengan bertanggungjawab.
Uraian
2
3.2.4 Mengidentifikasi bagian-bagian APAR
Peserta didik dapat mengidentifikasi bagian-bagian APAR dengan bertanggungjawab.
Uraian
2
3.2.5 Menjelaskan cara menggunakan APAR
Peserta didik dapat menjelaskan cara menggunakan APAR dengan bertanggungjawab.
PG
8
4.2 Menerapkan penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
4.2.1 Menyimpan APAR sesuai standar
Peserta didik dapat menyimpan APAR sesuai standar dengan bertanggungjawab
PG

9
4.2.2 Menggunakan APAR sesuai standar
Peserta didik dapat Menggunakan APAR sesuai standar dengan bertanggungjawab.
PG
10
4.2.3 Merawat APAR
Peserta didik dapat merawat APAR dengan bertanggungjawab.
PG
11
3.3 Memahami prinsip-prinsip pengendalian kontaminasi
3.3.1 Mendeskripsikan pengertian polusi dan kontaminasi
·          Pengertian polusi dan kontaminasi
·          Jenis polusi dan kontaminasi
·          Langkah pengendalian polusi dan kontaminasi
·          Limbah
·          Pengelolaan limbah
·          Reduce, Reuse, Recycle (3R)
·          Lingkungan kerja
Peserta didik dapat mendeskripsikan pengertian polusi dan kontaminasi dengan tepat.
PG
12
3.3.2 Menjelaskan jenis-jenis polusi dan kontaminasi
Peserta didik dapat menjelaskan jenis-jenis polusi dan kontaminasi dengan tepat.
Uraian
3
3.3.3 Menjelaskan langkah pengendalian polusi dan kontaminasi di tempat kerja
Peserta didik dapat menjelaskan langkah pengendalian polusi dan kontaminasi di tempat kerja dengan tepat.
Uraian

3
4.3 Menerapkan prinsip-prinsip pengendalian kontaminasi
4.3.1 Melaksanakan pengendalian polusi dan kontaminasi di tempat kerja
Peserta didik dapat melaksanakan pengendalian polusi dan kontaminasi di tempat kerja dengan bertanggungjawab.
Uraian
3

4.3.2 Melaksanakan pengelolaan limbah tanah, cair, dan gas di tempat kerja
Peserta didik dapat melaksanakan pengelolaan limbah tanah, cair, dan gas di tempat kerja dengan bertanggungjawab.
Uraian
3
3.4 Memahami proses mesin konversi energi
3.4.1 Mendeskripsikan pengertian mesin konversi energi
·          Pengertian mesin konversi energi
·          Macam mesin konversi energi
·          Mesin bensin
·          Mesin diesel
·          Motor listrik
·          Pompa hidrolik
·          Pompa Vakum
·          Kompresor udara

Peserta didik dapat mendeskripsikan pengertian mesin konversi energi dengan tepat.
PG
13
3.4.2 Mendeskripsikan macam-macam mesin konversi energi
Peserta didik dapat mendeskripsikan macam-macam mesin konversi energi dengan tepat.
PG
14
3.4.3 Mendeskripsikan cara kerja mesin konversi energi
Peserta didik dapat mendeskripsikan cara kerja mesin konversi energi dengan tepat.
PG
15
4.4 Mendemontrasikan mesin konversi energi
4..4.1 Menghidupkan mesin bensin
Peserta didik dapat menghidupkan mesin bensin dengan bertanggungjawab.
Uraian
4
4.4.2 Menghidupkan mesin diesel
Peserta didik dapat menghidupkan mesin diesel dengan bertanggungjawab.
Uraian
4
4.4.3 Menghidupkan mesin kompresor udara
Peserta didik dapat menghidupkan mesin kompresor udara dengan bertanggungjawab.
PG
16
3.5 Memahami klasifikasi engine
3.5.1 Mendeskripsikan klasifikasi engine
·          Klasifikasi engine
·          Komponen gasoline engine
·          Komponen diesel engine
·          Keunggulan gasoline engine
·          Keunggulan diesel engine
·          Tipe engine

Peserta didik dapat mendeskripsikan cara kerja mesin konversi energi dengan tepat.
PG
17
3.5.2 Menyebutkan karakteristik gasoline engine dan diesel engine
Peserta didik dapat menyebutkan karakteristik gasoline engine dan diesel engine dengan tepat.
Uraian
4
3.5.3 Menjelaskan keunggulan dan kelemahan gasoline engine dan diesel engine
Peserta didik dapat menjelaskan keunggulan dan kelemahan gasoline engine dan diesel engine dengan tepat.
Uraian
4
4.5 Mengidentifikasi model-model engine
4.5.1 Menerapkan penggunaan gasoline engine dalam kehidupan sehari-hari
Peserta didik dapat menghidupkan mesin kompresor udara dengan bertanggungjawab.
PG
19
4.5.2 Menerapkan penggunaan diesel engine dalam kehidupan sehari-hari
Peserta didik dapat menerapkan penggunaan diesel engine dalam kehidupan sehari-hari dengan bertanggungjawab.
PG
20
3.6 Memahami cara kerja engine 2 dan 4 langkah
3.6.1 Mendeskripsikan pengertian engine 2 dan 4 langkah
·          Siklus kerja otto
·          Siklus kerja diesel
·          Langkah hisap
·          Langkah kompresi
·          Langkah usaha
·          Langkah buang
·          Karakteristik engine

Peserta didik dapat mendeskripsikan cara kerja mesin konversi energi dengan tepat.
PG
21
3.6.2 Mendeskripsikan cara kerja engine 2 dan 4 langkah
Peserta didik dapat mendeskripsikan cara kerja engine 2 dan 4 langkah dengan tepat.
PG
22
3.6.3 Mendeskripsikan keunggulan dan kelemahan engine 2 langkah dan 4 langkah
Peserta didik dapat Mendeskripsikan keunggulan dan kelemahan engine 2 langkah dan 4 langkah dengan tepat.
PG
23
4.6 Menjelaskan cara kerja engine 2 dan 4 langkah
4.6.1 Mengidentifikasi cara kerja engine 2 dan 4 langkah

Peserta didik dapat Mengidentifikasi cara kerja engine 2 dan 4 langkah
dengan bertanggungjawab.
PG
24
4.6.2 Mengidentifikasi komponen engine 2 dan 4 langkah
Peserta didik dapat Mengidentifikasi komponen engine 2 dan 4 langkah dengan bertanggungjawab.
PG
25
3.7 Memahami proses dasar pembentukan logam
3.7.1 Mendeskripsikan pembentukan logam
·          Pengertian pembentukan logam
·          Pengecoran
·          Pembentukan
·          Permesinan
·          Pengelasan
·          Perlakuan panas
·          Perlakuan permukaan
Peserta didik dapat mendeskripsikan pembentukan logam dengan tepat.
Uraian
5
3.7.2 Mendeskripsikan tujuan pembentukan logam
Peserta didik dapat mendeskripsikan tujuan pembentukan logam dengan tepat.
Uraian
5
3.7.3 Mendeskripsikan klasifikasi pembentukan logam
Peserta didik dapat mendeskripsikan klasifikasi pembentukan logam dengan tepat.
Uraian
5
4.7 Melaksanakan proses dasar pembentukan logam
4.7.1 Melaksanakan proses dasar pembentukan logam
Peserta didik dapat melaksanakan proses dasar pembentukan logam dengan bertanggungjawab.
Uraian
5
4.7.2 Melaksanakan pengelasan
Peserta didik dapat melaksanakan pengelasan dengan bertanggungjawab.
PG
26
4.7.3 Melaksanakan pembentukan permukaan logam
Peserta didik dapat melaksanakan pembentukan permukaan logam dengan bertanggungjawab.
PG
27
3.8 Menerapkan cara penggunaan OMM (Operation Maintenance Manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya
3.8.1 Mendeskripsikan pengertian OMM
·          Pengertian OMM
·          Macam OMM
·          Cara penggunaan OMM
·          Pedoman Reparasi APV
·          Pedoman Reparasi Kijang Seri K
·          Pedoman Reparasi Toyota Avanza
·          Part Katalog
·          Indeks

Peserta didik dapat mendeskripsikan pengertian OMM dengan tepat.
PG
28
3.8.2 Mendeskripsikan jenis-jenis-OMM
Peserta didik dapat mendeskripsikan jenis-jenis-OMM dengan tepat.
PG
29
3.8.3 Menjelaskan cara menggunakan OMM di tempat kerja
Peserta didik dapat menjelaskan cara menggunakan OMM di tempat kerja dengan tepat.
PG
30,35,36,37,38,39,40
4.8 Menggunakan OMM (Operation Maintenance Manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya
4.8.1 Memilih OMM yang tepat

Peserta didik dapat Memilih OMM yang tepat dengan bertanggungjawab.
PG
31
4.8.2 Menggunakan OMM di tempat kerja
Peserta didik dapat menggunakan OMM di tempat kerja dengan bertanggungjawab.
PG
32
4.8.3 Merawat OMM di tempat kerja
Peserta didik dapat merawat OMM di tempat kerja dengan bertanggungjawab.
PG
33



Kepala SMK Muh. Gamping


Guru Mata Pelajaran








Sardi, S.Pd., M.M.
NIP. 19670731 199003 1 006

Rendra Ananta P.H., S.Pd.
NBM. 1334380



Demikian semoga bermanfaat,
Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar