Learning Management System (LMS) vs Learning Content Management System (LCMS)
Pertama, mari kita tentukan singkatannya. “LMS” adalah singkatan dari “Learning Management System”, platform perangkat lunak yang digunakan untuk menyampaikan dan melacak kursus pelatihan. "LCMS" adalah singkatan dari "Learning Content Management System", atau perangkat lunak yang digunakan untuk membuat dan mengelola konten pembelajaran. Terakhir, "CMS" adalah "Sistem Manajemen Konten", atau perangkat lunak yang digunakan untuk mengatur konten yang terdiri dari situs web.
Apakah Anda seorang pemula elearning atau direktur pelatihan berpengalaman, Anda harus memahami sistem ini untuk mengetahui alat mana yang Anda butuhkan dalam program pembelajaran dan pengembangan Anda. Mari kita perjelas perbedaannya:
Apa itu Sistem Manajemen Pembelajaran?
Biasanya digunakan dalam pelatihan perusahaan dan pengaturan pendidikan tinggi, sistem manajemen pembelajaran adalah platform perangkat lunak yang menyimpan dan menyampaikan konten pelatihan dan kemudian melacak partisipasi dalam pelatihan. Kebanyakan LMS memungkinkan manajer pembelajaran untuk mengunggah konten pelatihan online yang dibuat dengan berbagai alat pembuatan, selama konten tersebut sesuai dengan SCORM, format file standar industri. LMS kemudian memungkinkan perusahaan untuk memberikan pelatihan kepada karyawan mereka, melacak partisipasi mereka, dan menghasilkan dokumentasi aktivitas dan hasil pelatihan karyawan. Di sektor di mana perusahaan secara hukum diwajibkan untuk memberikan jenis pelatihan keselamatan atau kepatuhan tertentu, LMS adalah alat penting untuk melacak kepatuhan perusahaan.
Terakhir, menggunakan LMS memungkinkan perusahaan untuk membuat jalur kursus pelatihan yang berbeda untuk diberikan kepada kelompok karyawan yang berbeda untuk memenuhi tujuan pelatihan khusus mereka — membuat program pembelajaran yang disesuaikan untuk setiap karyawan, sesuai kebutuhan. Selain memberikan dan melacak kursus pelatihan online, banyak LMS memungkinkan manajer pelatihan untuk melacak partisipasi karyawan dalam jenis program pelatihan lainnya, seperti kelas tatap muka. Bluevolt, Litmos, dan Topyx adalah contoh dari beberapa sistem pengelolaan pembelajaran.
Apa itu Sistem Manajemen Isi Pembelajaran?
Berbeda dengan LMS, sistem pengelolaan konten pembelajaran terutama digunakan untuk membuat, menyimpan, dan mengatur konten elearning. Desainer instruksional menggunakan perangkat lunak ini untuk mengembangkan, mengelola, dan menerbitkan konten pelatihan. Daripada membuat katalog kursus untuk khalayak luas, platform LCMS memungkinkan kursus tunggal dimodifikasi untuk pelajar individu.
Sistem LCMS biasanya memungkinkan banyak kolaborator bekerja sama untuk membuat konten yang kemudian dapat diterbitkan dalam berbagai format. Perbedaan utama antara LMS dan LCMS adalah pengguna target. Pengguna LMS adalah pelajar, sedangkan pengguna LCMS adalah pembuat konten pembelajaran.
Banyak LCMS juga memiliki kemampuan untuk menyimpan dan menyampaikan kursus versi lama. Perusahaan yang ingin kursus yang disesuaikan dikirimkan kepada karyawan mereka biasanya menggunakan LCMS. Saat merancang materi pelatihan untuk disampaikan melalui LCMS, personel pembelajaran dan pengembangan harus meneliti penulis dan penerbit yang berkualitas. Xyleme dan Kenexa adalah dua contoh sistem pengelolaan konten pembelajaran.
Apa itu Sistem Manajemen Konten?
Sistem manajemen konten membuat kerangka di mana konten disimpan dan ditampilkan di situs web. Sistem ini mengelola berbagai bentuk konten, termasuk file, gambar, dokumen elektronik, file audio, dan banyak lagi.
Fungsi CMS memungkinkan distributor untuk memutuskan konten mana yang ditampilkan secara pribadi atau publik. Konten dapat dengan mudah diberi tag menggunakan metadata, yang paling baik untuk mencari dan menggunakan konten dengan cepat dan efisien. Drupal dan WordPress adalah sistem manajemen konten populer yang digunakan untuk membuat semua jenis situs web. Berbeda dengan CMS, CMS pembelajaran dikhususkan untuk pembuatan dan pengelolaan konten pembelajaran.
Sistem Manajemen dalam Ringkasan
Anda memiliki kemampuan untuk mengelola dan mengirimkan konten di ketiga sistem manajemen. Meskipun sistem manajemen ini memiliki beberapa kesamaan, namun pada akhirnya memiliki fungsi yang berbeda.
Luangkan waktu untuk mempelajari persamaan dan perbedaan ini untuk menghindari penggunaan akronim yang salah dalam diskusi profesional. Segera setelah Anda mulai menggunakan akronim ini dalam diskusi… Anda akan terdengar seperti ahli elearning.
Sistem manajemen apa yang Anda gunakan untuk tim Anda? Bagikan dengan kami di komentar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar